Perencanaan pesan bisnis diawali dengan penentuan tujuan komunikasi bisnis itu. Secara umum, adatigatujuan komunikasi bisnis yaitu :
1. Memberi informasi
2. Persuasi
3. Kolaborasi
Terdapat beberapa tujuan umum dari komunikasi bisnis yaitu :
1. Memberi informasi
2. Membujuk
3. Kolaborasi
Selain itu terdapat juga tujuan khusus dari komunikasi bisnis yaitu :
1. Menyajikan penjualan bulan lalu kepada manajer pemasaran
2. Meyakinkan manajer pemasaran untuk mengangkat beberapa karyawan baru bagian penjualan.
3. Membantu unit persoalia mengembangkan program pelatihan bagi beberapa karyawan baru.
Dalam menentukkan tujuan komunikasi bisnis perlu diperhatikan apakah tujuan tersebut realistis, apakah waktunya tepat, apakah orang yang mengirimkan pesan sudah tepat, dan apakah orang yang mengirimkan pesan sudah tepat dan apakah tujuanya selaras dengan tujuan organisasi bisnis?
Tahap berikutnya dalam perencanaan pesan adalah analisis audiens (pendengar atau pembaca) yang akan dihadapi. Hal pertama dalam tahap ini adalah mengembangkan profil audiens pengenalan siapa audiens, antisipasi reaksi audiens, antisispasi tingkat pemahaman audiens, pemahaman tingkat hubungn komunikator dengan audiens.
Hal kedua dalam tahap analisis audiens ini adalah mengupayakan untuk memuaskan kebutuhan informasi audiens. Ini meliputi upaya menemukan apa yang diinginkan oleh audiens
Setelah menganalisis tujuan dan audiens, tahap selanjutnya adalah menentukkan carauntuk mencapai tujuan tersebut yang disebut tahap penentuan tema pokok yaitu rumusan pokok pembicaraan beserta tujuan yang igin dicapai melalui topik tersebut.
Dan tahap akhirnya adalah pemilihan seleksi saluran komunikasi dan alat komunikasi yang digunakan adalah tahap berikutnya setelah penentuan tema pokok tersebut di atas. Dalam bisnis, biasanya komunikasi verbal menjadi pilihan utama yang dibantu oleh komunikasi non verbal. Sementara itu komunikasi dengan kata biasanya ada dua pilihan yang munkin dipilih yaitu komunikasi kata dengan lisan dan komunikasi kata denga tulisan.
Minggu, 29 Mei 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar