Minggu, 29 Mei 2011

Unsur-unsur komunikasi

Dalam komunikasi terdapat beberapa unsur yaitu :
a) Sumber
Adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.
b) Komunikator
1. Penampilan
Seorang komunikator harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan komunikan. Penampilan ini sesuai dengan tata krama dengan memperhatikan keadaan, waktu dan tempat.
2. Penguasaan masalah
Sebagai seorang komunikator harus benar-benar menguasai masalahnya karena apabila tidak setelah proses komunikasi berlangsung akan menimbulkan ketidak percayaan terhadap komunikator dan akhirnya terhadap pesan itu sendiri akan menghambat efektifitas komunikasi.
3. Penguasaan bahasa
Yang paling penting dalam proses komunikasi adalah menguasai bahasa yang dapat di gunakan dan dapat dipahami oleh komunikan. Penguasaan bahasa akan membantu menjelaskan pesan-pesan yang disampaikan.
Adapula etos komunikator yang timbul karena beberapa faktor diantaranya sebagai berikut:
a. Kesiapan
b. Kesungguhan
c. Ketulusan
d. Kepaercayaan
e. Ketenangan
f. Keramahan
g. Kesederhanann
Selain itu ada pula sikap komunikator yang terdapat dalam diri komunikator terdapat lima jenis sikap diantaranya :
a. Reseptif
b. Selektif
c. Dijestif
d. Asimilatif
e. Transmisif
c) Pesan
Adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator namun inti dari pesan adalah akan selalu mengarah kepada tujuan akhir komunikasi itu.
1. Penyampaian pesan
2. Bentuk pesan
a. Informatif
b. Persuasif
c. Koersif
Pesan yang disampaikan harus tepat, pesan yang mengena harus mengenai syarat-syarat sebagai berikut
1. Umum
2. Jelas dan gamblang
3. Bahasa yang jelas
4. Positif
5. Seimbang
6. Penyesuaian dengan keinginan komunikasi
d) Channel/ Saluran
Chanel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebutdengan media. Media dapat di kategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum dan media massa
e) Komunikasi
Dapat digolongkan ke dalam 3 jenis yaitu
1) Komunikasi personal
Komunikasi yang ditujukan kepada sasran tunggal .
2) Komunikasi kelompok
Komunikasi yang ditujukan kepada kelompok tertentu
3) Komunikasi massa
Komunikasi yang ditujukan kepada massa atau komunikasi atau komunikasi yang menggunakan media mass.
f) Efek
Adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap tingkah laku seseorang sesuai atau tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Efek dapat dilihat dari:
1. Personal opinion
Pendapat pribadi, hal ini dapat merupakan akibat atau hasilyang diperoleh dari komunikasi.
2. Public opinion
Penilaian sosial mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran yang dilakukan individu secara sadar dan rasional.
3. Majority opinion
Pendapat sebagian terbesar dari publik atau dari masyarakat.
g) Faktor-faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
1. Empat tahap proses komunikasi
a. Pengumpulan fakta
b. Perencanaan
c. Komunikasi
d. Evaluasi
2. Prosedur mencapai effect yang dikehendaki
Terdapat beberapa proses diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Attention
2. Interest
3. Desire
4. Decision
5. Action
6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar